UKURAN UTAMA KAPAL
Keterangan :
1 = Loa
2 = Lpp
3 = Lwl
4 = Breadth
moulded
5 = Depth/
Height
6 = Draught/
Draft
7 = Freeboard
Tinggi dan Sarat Kapal
H = tinggi geladak
(depth) = tinggi diukur dari garis dasar hingga garis tepi geladak disisi kapal
di midship (tengah kapal).
F = lambung timbul (freeboard) = batasan tinggi dari
permukaan garis air muat hingga garis tepi geladak sesuai peraturan garis air
muat (load line).
T = sarat air (draft/ draught) = tinggi diukur dari
bidang dasar hingg permukaan garis air muat atau tinggi yang dihitung dari
dasar badan kapal hingga badan kapal yang terkena air.
Sarat kapal sendiri
ada beberapa kondisi yaitu:
- TF = fore draught/draft yaitu sarat di haluan kapal yang diukur
pada Fp
- TA = after draught/draft yaitu sarat buritan kapal yang diukur pada
Ap
- TM = mean draught/draft yaitu sarat rata-rata (TF+TA)/2
dan selisih antara TF dan TA disebut dengan trim
dari kapal. Trim pada kapal terdiri dari :
a. Trim by bow yaitu trim haluan
kapal diaman TF>TA. Trim ini sedapat mungkin dihindari
karena dapat memberikan tambahan tahanan kapal dan baling-baling kapal keluar
dari permukaan air.
b. Trim by stern yaitu trim buritan
kapal dimana TF<TA. Trim ini memberikan freeboard yang lebih tinggi di bagian
haluan (bow) dan sesuai untuk
kecepatan yang besar.
Lebar Kapal
B = Bmld =
lebar (moulded breadth) = lebar kapal
diukur pada bagian terlebar kapal, dari sisi luar gading ke sisi luar gading,
atau dari sisi dalam kulit kesisi dalam kulit.
Bwl = Breadth at the Waterline, lebar yang
terbesar yang diukur pada garis muat.
Boa =
Maximum Breadth or Breadth Extreme, yaitu lebar terbesar yang diukur dari kulit
lambung kapal termasuk jika ada bagian geladak yang menonjol keluar melampaui
lambung
Panjang Kapal
Kalu
bicara masalah panjang kapal tentu disana bakalan ada beberapa jenis panjang,
yuk kita liat apa aja. Namun sebelum itu ada beberapa istilah juga yang kalian
harus tahu
Ap = After Perpendicular
= garis tegak yang dibuat melalui linggi kemudi bagian belakang. Jika kapal
tidak memiliki linggi kemudi, maka garis tegak itu dibuat melalui sumbu poros
kemudi
Fp = Fore/forward
perpendicular Peak = Garis tegak yang dibuat dari perpotongan linggi haluan dan
garis air muat.
Lpp = Length Between
perpendicular= Panjang antara garis tegak dari Ap hingga Fp
Lwl = Length of Waterline =
Panjang garis air yaitu dari sarat ujung depan dan sarat ujung belakang
Loa = Length Overall =
panjang seluruh kapal
Midship = Tengah kapal, tengah- tengah panjang Lpp
Ukuran Utama Kapal Lainnya
CL =
Garis tengah kapal (center line) = garis tegak pada
bagian tengan kapal tampak depan.
Rise of floor =
kemiringan dasar kapal dari garis tengah/ lunas sampai bilga (dasar kapal yang
tidak horizontal.
Tumble home = kemiringan lambung kapal akibat pengurangan
lebar kapal di atas garis air (kemiringan sisi kapal ke arah dalam dekat
geladak atas.
Flare =
bentuk yang membentang/merentang keluar.
Camber = tinggi
lengkung geladak secara melintang = 1/50 B
Komentar
Posting Komentar