UKURAN UTAMA KAPAL








Keterangan :
1 = Loa
2 = Lpp
3 = Lwl
4 = Breadth moulded
5 = Depth/ Height
6 = Draught/ Draft
7 = Freeboard


Tinggi dan Sarat Kapal
H = tinggi geladak (depth) = tinggi diukur dari garis dasar hingga garis tepi geladak disisi kapal di midship (tengah kapal).
F = lambung timbul (freeboard) = batasan tinggi dari permukaan garis air muat hingga garis tepi geladak sesuai peraturan garis air muat (load line).
T = sarat air (draft/ draught) = tinggi diukur dari bidang dasar hingg permukaan garis air muat atau tinggi yang dihitung dari dasar badan kapal hingga badan kapal yang terkena air.
Sarat kapal sendiri ada beberapa kondisi yaitu:
  • TF = fore draught/draft yaitu sarat di haluan kapal yang diukur pada Fp
  • TA = after draught/draft yaitu sarat buritan kapal yang diukur pada Ap
  • TM = mean draught/draft yaitu sarat rata-rata (TF+TA)/2 dan selisih antara TF dan TA disebut dengan trim dari kapal. Trim pada kapal terdiri dari :
a. Trim by bow yaitu trim haluan kapal diaman TF>TA. Trim ini sedapat mungkin dihindari karena dapat memberikan tambahan tahanan kapal dan baling-baling kapal keluar dari permukaan air.
b. Trim by stern yaitu trim buritan kapal dimana TF<TA. Trim ini memberikan freeboard yang lebih tinggi di bagian haluan (bow) dan sesuai untuk kecepatan yang besar.


Lebar Kapal
B = Bmld = lebar (moulded breadth) = lebar kapal diukur pada bagian terlebar kapal, dari sisi luar gading ke sisi luar gading, atau dari sisi dalam kulit kesisi dalam kulit.
Bwl = Breadth at the Waterline, lebar yang terbesar yang diukur pada garis muat.
Boa = Maximum Breadth or Breadth Extreme, yaitu lebar terbesar yang diukur dari kulit lambung kapal termasuk jika ada bagian geladak yang menonjol keluar melampaui lambung




Panjang Kapal
      Kalu bicara masalah panjang kapal tentu disana bakalan ada beberapa jenis panjang, yuk kita liat apa aja. Namun sebelum itu ada beberapa istilah juga yang kalian harus tahu
Ap = After Perpendicular = garis tegak yang dibuat melalui linggi kemudi bagian belakang. Jika kapal tidak memiliki linggi kemudi, maka garis tegak itu dibuat melalui sumbu poros kemudi
Fp = Fore/forward perpendicular Peak = Garis tegak yang dibuat dari perpotongan linggi haluan dan garis air muat.



Lpp      = Length Between perpendicular= Panjang antara garis tegak dari Ap hingga Fp
Lwl     = Length of Waterline = Panjang garis air yaitu dari sarat ujung depan dan sarat ujung belakang
Loa      = Length Overall = panjang seluruh kapal
Midship = Tengah kapal, tengah- tengah panjang Lpp



Ukuran Utama Kapal Lainnya
CL           = Garis tengah kapal (center line) = garis tegak pada bagian tengan kapal tampak depan.
Rise of floor = kemiringan dasar kapal dari garis tengah/ lunas sampai bilga (dasar kapal yang tidak horizontal.
Tumble home = kemiringan lambung kapal akibat pengurangan lebar kapal di atas garis air (kemiringan sisi kapal ke arah dalam dekat geladak atas.
Flare              = bentuk yang membentang/merentang keluar.
Camber         = tinggi lengkung geladak secara melintang = 1/50 B




Komentar

Postingan Populer